No more on-off..!

June 11, 2012


Frekuensi dan kebiasaan saya menulis blog kurang lebih sama seperti frekuensi saya mengerjakan skripsi: Kalau sedang semangat, setiap hari bisa menulis, tapi kalau sedang stuck dan teralihkan oleh hal lain, bisa ditinggalkan berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Gampang on-off. Mungkin karena sifatnya yang agak mirip: Sama-sama proyek menuliskan ide, juga keberadaan deadline yang tidak jelas (blog: tidak ada keharusan kapan harus menulis. Skripsi: yaah, tidak ada tanggal pasti kapan harus selesai..). Ketika dihadapkan dengan berbagai macam proyek lainnya, yang terlihat lebih urgent, kedua hal inilah yang dikesampingkan.

Tapi kebiasaan ini bukan hal yang harus dilestarikan, karena jadinya tidak produktif. Dalam blog ini, rata-rata entry per-bulan cuma 4-5 tulisan saja. Bisa dibayangkan progres pengerjaan skripsi saya perbulannya seperti apa. 

T.y.p.i.n.g... S.l.o.w.l.y.....
 gambar dari Freedigitalphotos

Masalahnya, skripsi tidak seperti blog yang merupakan proyek pribadi. Skripsi ini menyangkut masa depan, harapan orang tua, juga tuntutan kampus. Ditambah lagi, saya juga baru saja menyadari hal penting: Kalau saya oke-oke saja bersikap moody terhadap skripsi, berarti saya tidak boleh kesal jika pihak-pihak lain –yang saya harap bisa membantu penyelesaian skripsi- pun bersikap moody terhadap skripsi saya itu.

Seorang sahabat seangkatan yang kemarin wisuda (hey Alifah! J) pernah berkomentar, “ternyata yang paling penting dalam mengerjakan skripsi itu konsistensi. Setiap hari harus ada yang dikerjakan, walaupun cuma sedikit. Sekalinya ditinggal, susah…”. Waktu itu saya cuma bilang ‘hmmm,’ saja. Sekarang, terasa betul artinya. Tiga minggu terakhir ini saya mengusahakan untuk terus mengerjakan, dan memang ada progres yang lumayan. Meskipun, ya itu tadi, ketika sedang mood, belum tentu akan segera mendapat dukungan positif. Maka dari tu, saya mestinya selalu dan selalu konsisten dalam mengerjakan.

Karena itulah dalam blogging pun, saya akan berusaha agar bisa lebih konsisten dan lebih tidak moody. Lebih rajin mengisi. Setelah blogwalking, baru menyadari cara untuk menjadwalkan postingan tulisan. Berarti, kalau sedang banyak ide, bisa sekalian menabung tulisan dan menjadwalkan postingan agar terbit berurutan. Setidaknya frekuensinya terlihat lebih stabil, 2 hari sekali atau 3 hari sekali, daripada tanggal 1, 2, dan 3 ada postingan kemudian kosong sampai tanggal 20. Target awal, tiap satu bulan setidaknya ada 10 post lah ya. Yosh. Semangat! :-)

P.S. Oh iya selain blog dan skripsi, saya juga ternyata mengaplikasikan pola yang mirip dalam mengisi account di mydramalist. Tertarik dengan ceritanya Priska, saya jadi semangat di awal-awal untuk mendaftar dorama-dorama yang pernah ditonton. Kemudian setelah beberapa lama, ditinggal. Oke, akan kembali mengisi…!

You Might Also Like

2 comments

  1. Jadi teringat kembali masa2 kelam mengerjakan Skripsi yg bikin kepala pusingggg setiap kali memikirkannya. Padahal skripsi itu bukan untuk dipikirkan tapi untuk dikerjakan. Konsistensi itu perlu. Bisa menulis 3-4 baris perhari aja udah lumayan. Bismillah, semoga diberikan kemudahan dlm menyelesaikan skripsinya.

    ReplyDelete
  2. Benar..! Mestinya dikerjakan aja jangan banyak dipikirkan..
    Terima kasih doanya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...