5 Lagu Motivasional tentang Mengejar Impian

June 13, 2012


Kemarin dan hari ini, kampus saya dijadikan tempat ujian SNMPN. Saya yang ada perlu di kampus jadi sempat terjebak macet ketika berada di sekitar area kampus, karena kebetulan waktunya bertepatan dengan selesainya ujian. Jadinya, dari atas motor yang majunya lambaaat, saya malah melihat-lihat para lulusan SMA yang baru saja menyelesaikan pertarungan mereka dalam mengerjakan soal-soal tes. Uh-oh, satu lagi penanda bahwa sudah waktunya saya segera lulus, memberikan ruang bagi generasi muda. Calon adik angkatan kelima..! I feel sooo old… >_<

Anyway. Melihat mereka, saya jadi terharu sendiri. Tiap peserta ujian pastilah memiliki mimpi masing-masing, yang ingin dikejar sekuat tenaga, dan ikut ujian ini adalah upaya untuk mengejar impian itu. Rasanya saya ingin mendatangi satu-persatu dan mengucapkan semoga sukses! Teruslah berjuang! Dan sebagainya. Tapi nanti malah dikira orang aneh.

Saya juga ingin berpesan pada mereka, apapun hasil ujiannya nanti, itu bukanlah akhir dari segalanya, tapi bagian dari proses dalam mengejar impian. Jika tidak lulus, masih ada berbagai jalan untuk mengejar impian. Jika lulus pun, ada banyak tantangan yang menanti di kampus tujuan. 

Chase your dream...!
 gambar dari freedigitalphotos

Saya pun sekarang masih dalam proses mengejar mimpi, yang tidak mudah. Untungnya, ada banyak hal yang bisa memotivasi kita agar terus konsisten dalam mengejar impian. Dari orang-orang di sekitar misalnya, seperti yang ditulis Raras dalam blognya. Saya pun punya banyak sumber motivasi dalam mengejar impian, diantaranya adalah lagu-lagu dengan lirik dan melodi yang penuh makna.

Berikut ini adalah lagu-lagu yang telah (dan akan terus) memberi saya semangat dalam mengejar mimpi:

#5. Don’t Stop Believin’ – Glee Cast / Journey



Lagu yang dipopulerkan kembali oleh para anggota Glee club-nya Mc.Kinley High School ini mendapat macam-macam interpretasi. Ada yang mengartikan lagu ini seperti arti harfiah liriknya, tentang cinta satu malam antara gadis desa dan pemuda kota di dalam kereta… Tapi ada juga yang bilang ini adalah tentang bagaimana kita mesti ”don’t stop believin’” walaupun mengalami berbagai macam kesulitan. Namanya juga persepsi, bebas-bebas saja mengartikannya. Bagi saya, karena pertama kali mendengar lagu ini dari serial Glee, saya jadi mengasosiasikan lagu ini dengan anak-anak Glee club yang meskipun kerap ditindas dan dibanjur slushies tapi tetap teguh menjalankan apa yang mereka suka (menyanyi).

Pelajaran dari lagu ini: walaupun misalnya ada yang mencibir impian kita, meskipun saat ini terasa mustahil, tetaplah percaya dan terus mengejarnya. Karena perasaan yang didapat ketika sedang menjalani proses mengejar impian itu nyata, dan hanya diri kita sendiri yang merasakannya. Hold on to the feeling..!

#4. Dreaming – Kim Soo Hyun



Merupakan salah satu soundtrack Dream High, K-drama yang saya tonton 1,5 tahun yang lalu. Sangat terkesan karena ceritanya yang cukup berbeda dengan stereotype drama korea dalam benak saya waktu itu. Tidak fokus di cinta-cintaan, tapi malah fokus dalam usaha para tokohnya dalam mengejar impian untuk jadi entertainer (dan proporsi cintanya terasa pas J).

Sebetulnya OST utamanya –berjudul Dream High, berirama up beat dan dinyanyikan oleh para tokoh utama- juga enak didengar, liriknya pun tentang mengejar impian. Tapi Dreaming yang dinyanyikan oleh Song Sam Dong (diperankan oleh Kim Soo Hyun yang sangat cute) ini lebih mengena di hati. Lagu ini muncul di adegan yang sangat mengharukan, dimana Si Sam Dong ini menghadapi cobaan berat –terancam tidak mampu melanjutkan impiannya untuk menjadi penyanyi-. Ia berniat menyerah dan membuang mimpinya, tapi akhirnya dengan dukungan Hye Mi dan gurunya, ia berani melanjutkan impiannya.

Bait favorit saya:

Han georeum han georeum oneuldo
Josimseureopge nae dideoyo
Gaseum gadeukhi duryeoumgwa
Seolleimeul aneun che
Biteulgeorigo heundeullyeodo
nan tto hangeoreumeul naedideoyo
Eounjenga mannal nae kkumeul hanghae

Terjemahannya:

Even today step by step
I step forward carefully
My heart is full of fears
But it’s an excitement I’m embracing
I am staggering and shaking
But, I step forward towards
The dream that I am going to meet someday

(Lirik dari shesifly)

Moral dari lagu ini: Mengejar impian itu memang tidak mudah. Terkadang apa yang kita mau terasa jauh dan jalan untuk menggapainya penuh tantangan, hingga kita takut dan terpikir untuk menyerah saja. Tapi, tidak apa-apa untuk merasa takut. Yang penting tidak berhenti mengejarnya, biarpun dengan langkah yang sangat pelan dan gemetar….

#3 Realize – Melody



Saya pertama kali mendengar lagu ini ketika menonton Dragonzakura (Yamapiii..!), waktu kelas 3 SMA. Momennya memang pas sekali, saya sedang masa-masa gundah (kata galau belum menjadi trending saat itu) dalam menentukan masa depan, mau kuliah dimana ambil jurusan apa. Dorama tentang sekumpulan misfits yang berjuang untuk masuk Todai waktu itu betul-betul menginspirasi saya. Sebagai soundtrack, lagu ini pun selalu muncul di saat-saat yang pas, dengan melodi yang ceria.Ternyata liriknya pun inspiratif. Potongan bridge dan reff-nya:

Do you know that I want it all?
Kokoro no oku de kagayakitsuzukeru
Sono yume wo wasurenaide

I can mayowazu ni susumou
Negai ni chikazukeru yo
Itsu no hi ni ka afureru hikari no hana wo sakaseyou
I see the light
Wake up, stand up
Mou ichido ashita e try

terjemahan:

Do you know that I want it all?
Don’t forget that dream
That keeps shining within your heart

I can keep going without hesitating
I can get closer to my wish
Someday I’ll make a flower bloom, overflowing with light
I see the light
Wake up, stand up
Try again tomorrow

(Lirik lengkap di: kiwi-musume)

Pelajaran dari lagu ini: Kegagalan bukan akhir dari segala-galanya. Selama mimpinya masih ada, kita masih bisa terus berjuang agar bisa semakin dekat dengan impian. Coba lagi dan coba lagi…!

#2 Good Luck My Way – L’arc en Ciel 



Sejujurnya saya baru mendengar lagu ini di awal tahun, tepat setelah membeli tiket konser mereka. On off fans…! >_<. Tapi, langsung jatuh cinta dengan lagu ini, karena nadanya yang riang, powerful, dan liriknya yang ternyata dalam sekali. Meskipun, hmm, saya masih belum menemukan someone whom I met in the corner of this changing world (Utsuriyuku Sekai no Katazumi ni Kimi ni Aete Ureshii~), tapi suatu saat pasti ada…!

Massugu ni kake dasu hare wataru aozora ga mabushii
Oikaze ni aorare atarashii tabi ga hajimaru

Itsuka mata aeru yo
Furikaerazu ni asu e mukau yo
Good luck my way
Shinjiru michi e

terjemahan:

Rushing out straight ahead, the clear blue sky so bright
Stirred up by a tailwind, a new journey is starting now
So that we can meet again - Head for the dawn without looking back
Good luck my way, to the path we trust

(Lirik lengkap dari sini)

Moral dari lagu ini: Just run toward your dream! Percaya dengan jalan yang sudah diambil..!

#1 My Heart Draws a Dream – L’arc en Ciel



Pertama kali mendengar lagu ini di masa-masa awal kuliah, dari acara khusus lagu Jepang Ichigo di Swaragama FM tiap hari minggu siang (apakah acara ini masih ada?). Waktu itu saya sedang euforia dengan NEWS dan anak-anak Jhonnys lainnya, jadi tidak terlalu “whoaaa” dengan kemunculan single baru ini. Tapi tetap saja, judul lagu ini pun sudah inspiring. Kalau dengar lagu ini sekarang, jadi ingat masa-masa dimana saya masih jadi anak baru yang penuh rencana untuk masa depan, hehe.

Menjelang kedatangan Laruku ke Indonesia, lagu ini semakin rutin masuk playlist. Somehow, lagu ini juga menggambarkan terwujudnya impian untuk bisa menonton konser Laruku di Indonesia… Sesuatu yang dulunya terasa sulit sekali terwujud, tapi para fans tidak pernah menyerah untuk mengharapkan kedatangan mereka. Dan, hora, Laruku benar-benar datang…!

Hora kaze ga ugokidashita
Mada akirametari wa shinai
Taiyou wo kumo no saki ni kanjiru
Gyakufuu de arou to

Kono mune wa yume wo egaiteku yo
Doko mademo takaku jiyuu ni mau no sa
My heart draws a dream
Oritatsu kanata de me wo aketara...
Egao no mama no kimi ni aeru ki ga shite
...Aeru to ii na

(terjemahan)

Look, the wind's begun to move
I won't give up yet
I can feel the sun through the clouds
And even if there's a head wind

My heart draws a dream
I fly high and freely, wherever I want to go
My heart draws a dream
When I open my eyes where I've landed...
I have a feeling I'll see you smiling
...I hope I see you

(Lirik lengkap dari kiwi-musume)

Pelajaran dari lagu ini: Isn’t it obvious? Don’t give up yet, since your heart already draws precious dreams…!

Demikian list dari saya, penuh subjektivitas memang. Setiap orang tentunya punya lagu motivasi masing-masing. Would be nice to know them…! :-)

You Might Also Like

8 comments

  1. Faithfully - Glee Cast

    lagu yg mungkin liriknya ga mengandung pesan-pesan motivasi. tp somehow aku kok pengen ya suatu saat nanti kalo punya anak perempuan, menyanyikan bait ini untuk dia:

    Girl
    you stand by me
    I'm forever yours
    faithfully

    ReplyDelete
  2. Hee, harus browsing youtube dulu untuk mengingat faithfully ini, bagus emang waktu dinyanyiin Rachel & Finn...

    Tapi kalau dalam konteksnya mbak Tyka, artinya jadi beda ya, bukan antara boy-girl tapi jadi mother-daughter... Tetap daleem... :)

    Semoga terwujud ya keinginannya...

    ReplyDelete
  3. kayaknya ada yang kurang deh...
    Roar-Katy Perry
    Firework-katy Perry
    Part of Me-Katy Perry
    Skyscraper-Demi Lovato
    Change-Taylor Swift
    Whos Laughing Now-Jessie J
    The Climb-Miley Cyrus
    Fucking Perfect-Pink
    When You Believe-Whitney Houston

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tambahannya :)

      Setuju lagu-lagunya punya lirik bagus, terutama When you believe ya...

      Delete
  4. Ada lg kyuhyun _ hope is dream doesn't sleep

    ReplyDelete
  5. Lagu brand Huawei kak dream it possible, keren kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...