5 Mangaka Spesialis Heartwarming Manga

June 23, 2012


Kalau bertemu teman SMP/SMA, salah satu pembicaraan yang biasa muncul adalah,

”Kamu masih suka baca komik, Tan?”.

Yang memberi pertanyaan either masih suka baca komik juga (hola Syl! J), atau yang sudah tidak lagi membaca karena terlalu banyak kesibukan. Beberapa memandang bahwa komik itu sudah tidak sesuai dengan umur dia sekarang (it’s not true, dear friend. Komik itu ada berbagai macam genre dan ada kok yang sesuai dengan umurmu…).

Jawaban saya, ya tentu saja..! Membaca buku dan komik adalah hobi yang paling konsisten saya jalankan, biarpun sekarang sudah tidak sebebas dulu bisa beli buku dan komik setiap minggu. Sekarang saya lebih bersahabat dengan rental komik, atau kalau kepepet dan penasaran, komik online (akan tetap menghargai komik yang sudah terbit secara legal kok! *disclaimer*).

Tapi beberapa minggu ini saya sedang berusaha menahan nafsu baca komik dan nonton drama, demi skripsi. Stop dulu ke rental komik dan toko buku (Walaupun kadang kecolongan nggak tahan membaca Skip Beat chapter terbaru di internet…). Nah pantangan yang dilakukan ini malah membuat saya makin kangen baca komik. Setelah skripsi selesai, pokoknya saya akan menyerbu rentalan lagi…!

Sambil menahan kangen, sementara saya bernostalgia saja dulu, me-list mangaka favorit saya. Setelah dipikir-pikir, ternyata ada banyak sekali… Maka dari itu saya buat berdasarkan genre saja. Bisa sekalian jadi serial tulisan, nih, lumayan menambah stok ide tulisan.

Genre pertama yang akan saya bahas adalah genre favorit saya, heartwarming manga. Definisi heartwarming menurut saya adalah ketika ceritanya menghangatkan hati, manis, mengandung adegan-adegan bittersweet yang natural dan tidak lebai. Endingnya bisa sedih atau bisa juga bahagia, tapi biasanya dalam ceritanya ada saja adegan yang bikin saya menangis, ada juga yang bikin saya tanpa sadar tersenyum hangat. Selalu ada pelajaran hidup yang bisa dipetik dari komik-komik semacam ini.

Banyak komik yang tampaknya berusaha untuk jadi heartwarming tapi terasa maksa. Sementara, para mangaka yang menurut saya selalu berhasil menghasilkan nuansa heartwarming dalam karya-karyanya adalah:

5. Fujimoto Yuuki
Her heartwarming manga: Sparkling Gingachou (m&c!), My Sweet Neighbor (m&c!), Song for My Sweet Home (m&c!)

gambar dari mnc-comic

Gambarnya bagus dan khas, dengan goresan pena yang tipis dan terkesan agak sketchy. Cerita-cerita yang diangkat oleh Fujimoto sensei biasanya mengenai slice of life, persahabatan dan keluarga. Tokoh utama dari komik beliau biasanya adalah tokoh yang ceria, baik hati, menginspirasi orang di sekelilingnya, tapi kurang peka terhadap cinta (haih). Suka sekali dengan interaksi antar karakter yang terlihat manis (interaksiny).
Saya paling suka serial Sparkling Gingachou di awal-awal, lucu dan manis. Tapi serial terbarunya yang diterbitkan m&c!, Song for My Sweet Home, juga bagus dan bikin terharu….

4. Ashihara Hinako
Her heartwarming manga: Sand Chronicles (elexmedia), The Moon and the Lake (elexmedia), dan banyak one-shots lainnya

gambar dari minitokyo


Gambarnya beliau bagus dan rapi. One shots yang dibuat Ashihara sensei banyak yang bagus, tipe-tipe drama slice of life dan romance remaja yang lumayan “deep”, tapi cerita terbagus dan terpanjang dari beliau ya Sand Chronicles. Ceritanya agak depressing sebetulnya, tokoh utamanya sering menghadapi kesulitan, dan karakternya juga agak suram. Tapi bikin gregetan dan ingin terus membaca sampai volume akhir. Ada cinta segi empat tipikal drama korea… Dan seperti biasa saya jatuh cinta pada cowok yang bukan tokoh utama haha..

3. Yuki Suetsugu
Her heartwarming manga: Your White Wings (m&c!), Your Dark Wings (m&c!), Promise (elexmedia), dll

 Gambar dari blog ini

Banyak karya Suetsugu sensei yang membuat saya menangis tersedu-sedu… Yang paling fenomenal adalah kumpulan cerita pendeknya, Your White Wings dan Your Dark Wings, masing-masing bercerita tentang malaikat dan setan yang menjemput orang-orang yang meninggal (orang baik dijemput malaikat, orang jahat dijemput setan). Tiap orang yang dijemput ini punya cerita sendiri, unik dan mengharukan… T_T Beliau paling jago memang dalam memainkan perasaan pembaca. Hikss.

2. Tsukuba Sakura
Her heartwarming manga: Beyond the blindfold (elexmedia), Yoroshiku Master (elexmedia), banyak oneshots

 gambar dari sini

Cerita-cerita Tsukuba sensei itu hangat dan manis. Genrenya romance, slice of life berbumbu fantasi (setting dunia nyata, tapi ada nuansa supernaturalnya walaupun sedikit). Misalnya Beyond the Blindfold, yang tokoh-tokohnya punya kekuatan bisa melihat masa depan/masa lalu kalau menyentuh orang. Atau serial terbarunya Yoroshiku Master, tentang cewek yang punya peran jadi santa claus –literally- (tidak terdengar make sense, harus dibaca…). Tapi ceritanya sendiri tidak fokus pada unsur ajaibnya, melainkan pada perkembangan karakter dan hubungan antara tokoh utama dengan tokoh-tokoh lainnya. Indah dan manis….!

1. Midorikawa Yuki
Her heartwarming manga: Natsume yujinchou (elexmedia), Hotarubi no Mori, The Scarlet Chair, etc

 gambar dari sini

Gambarnya Midorikawa sensei ini sangat khas, goresannya tipis dan bahkan terlihat lebih sketchy dibandingkan Sparkling Gingachou. Terkesan tidak rapi memang. Tapi malah memberikan kesan puitis... Dan cerita-cerita beliau, daleeem…! Natsume Yujinchou, serial slice of life tentang anak cowok yang bisa melihat monster/hantu, populer sekali di Jepang, sampai-sampai sudah dibuat sampai season ke-4 (kabarnya akan ada season 5…??). Memang bagus ceritanya. Tiap monster yang ditemui Natsume punya kisah sendiri yang terkadang bisa mengharukan. Natsume sendiri terlihat mengalami perkembangan karakter yang signifikan, yang tadinya penyendiri jadi mau berteman (dengan monster maupun manusia).

Nah cerita beliau lainnya juga bagus-bagus… Hotarubi no Mori, tentang gadis cilik yang berteman dengan roh hutan. One shots tapi dalem dan bikin menangiiis. Ini sudah dibuat OVA-nya. Serial beliau sebelum Natsume Yujinchou, judulnya The Scarlet Chair, juga sangat keren. Scarlet Chair settingnya di dunia fantasy, tapi ceritanya sangat relatable, mengenai persahabatan dan cinta tapi tidak mainstream. Ada twist yang tidak terduga di ending ceritanya, dan itu bikin saya semakin menangis tersedu-sedu…. Cuma tiga volume, semoga penerbit lokal segera menerbitkannya…

Special Mention:
Yumi Tamura: 7 Seeds dan Basara yang beliau buat memang lebih fokus ke petualangan dan romance, tapi sebetulnya banyak sekali adegan-adegan yang mengharukan dan menghangatkan hati...

Kouchi Kaede: Baru satu serial yang dihasilkan beliau, Love so Life, jadi belum bisa dibilang spesialis. Tapi serialnya sendiri bagus dan manis…. Sangat potensial untuk terus bisa menghasilkan heartwarming manga..!

You Might Also Like

4 comments

  1. aku kok ga suka ya sama gambar di komik jaman sekarang, terlalu....apa ya? gak bisa njelasinnya. pokoknya beda lah ama terbitan Elex Media yg tahun 90an...

    ReplyDelete
  2. Iya sih memang terasa beda... Punya ciri khas masing-masing.
    SOal komik 90an, saya paling suka Topeng Kaca, Pop Corn, komik-komik buatan Kyoko Hikawa (Dunia Mimpii), sama Waki Yamato (Yokohama, Little New York). Kalo mbak tyka? :)

    ReplyDelete
  3. Ah aku suka bnget hotarubi no mori e, natsume yujinchou, your white wings and your dark wings >.<
    makasi ya buat referensi komiknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama seleranya.. :) Hehe senang kalau referensinya bisa berguna.. ^^

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...