Sungkyunkwan Scandal

July 12, 2012

Karena sekarang sudah bersimpati pada Yoochun, akhirnya saya menonton Sungkyunkwan Scandal. Padahal tadinya kurang berminat ketika pertama kali mendengar keberadaan serial tersebut, karena: a) Settingnya di jaman dulu (tidak begitu suka cerita Saeguk selain Dae Jang Geum. Rooftop Prince pun saya tonton karena dicampur dengan masa kini), dan b) Song Joong Ki yang keren itu kok cuma jadi karakter pelengkap (walaupun tetap salah satu tokoh penting)?? Siapa itu yang jadi mainleadnya?? Masih lebih oke Joong Ki kemana-mana… (Kemudian saya kena karma dan terpesona dengan Yoochun, yang jadi main lead. Eaaa).


Anyway. Saya menonton tidak dengan ekspektasi tinggi, karena masih terbawa pesona Rooftop Prince. Nah ternyata, Sungkyunkwan Scandal ini punya charm tersendiri. Ceritanya bagus, rapi, sepanjang 20 episode saya jaraang sekali meng-skip adegan karena semuanya terasa penting dan menarik. Lagipula settingnya itu lho, begitu detail!

F4 lagiiii???
gambar dari Koreandrama.org

Ceritanya berkisah mengenai Kim Yoon Hee (Park Min Young), seorang gadis yatim yang hidup di era Joseon (Korea sekitar abad 14-18), cerdas dan cantik tapi berasal dari keluarga miskin. Sayangnya di masa dia hidup, kecerdasannya tidak berguna bagi dia yang perempuan, karena itu dia menyamar menjadi laki-laki dan memakai nama adiknya, Kim Yoon Shik (yang sakit-sakitan), untuk mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan uang lebih, yaitu dengan bekerja di toko buku. Semacam Mulan versi nerdy? :-).  Yup, kalau bulan-bulan lalu tema hiburan saya adalah survival romance, maka sekarang ini sepertinya adalah Women Empowerment (Brave kemudian Sungkyunkwan Scandal). Tentang perjuangan seorang wanita yang tertekan oleh norma sosial yang tidak mendukung perkembangan dirinya.

Lanjutan ceritanya, suatu ketika Yoon Hee -sembari menyamar sebagai Kim Yoon Shik- bekerja menjadi joki dalam ujian masuk universitas Sungkyunkwan, namun ketahuan oleh Lee Sun Joon (Micky Yoochun), peserta ujian yang juga anak pejabat. Karena sifatnya yang jujur dan kaku, Lee Sun Joon bermaksud melaporkan Yoon Hee, tapi dia tergugah karena Yoon Hee yang memohon-mohon dan  terlihat hopeless. Pada akhirnya, si Lee Sun Joon ini malah bersiasat untuk memasukkan Yoon Hee ke universitas tersebut (dia tidak tahu bahwa Yoon Hee sebetulnya perempuan, dikiranya si Yoon Hee ini ini tidak ikut ujian karena miskin saja). Yoon Hee diterima (ditunjuk oleh Sang Raja!), karena jika menjadi mahasiswa Sungkyunkwan, otomatis akan mendapat banyak subsidi dari pemerintah.

Karena memang punya minat yang tinggi untuk belajar, Yoon Hee sebetulnya senang bisa kuliah disana, walaupun harus mati-matian menyembunyikan identitas gendernya. Dia mendapat teman-teman baru -trio bodoh teman seangkatannya-, serta senior yang mendukung dia dia, Moon Jae Shin (Yoo Ah In) sang serigala penyendiri dan Goo Yong Ha (Song Joong Ki), playboy kaya tapi juga baik. Dia bahkan membuat gisaeng (wanita sewaan) nomor satu jatuh cinta setengah mati padanya. Sayangnya, karena terlalu menonjol ia pun mengundang ketidaksukaan beberapa pihak, terutama dari Ha In So (Jun Tae Soo), senior sekaligus ketua mahasiswa di Sungkyunkwan. Jadilah Yoon Hee harus menghadapi berbagai tantangan dan cobaan sebagai mahasiswa disana.

Drama ini banyak mengandung pesan filosofis tentang negara dan sikap yang ideal. Soalnya, yang dipelajari para mahasiswa di Sungkyunkwan ini adalah nilai-nilai filsuf Cina, Confucius. Jadi bukan belajar hard science atau ilmu yang dipelajari mahasiswa sekarang lah ya. Lebih mengenai apa sih fungsi negara, pemimpin yang baik itu yang bagaimana, dll. Para mahasiswa terutama si Lee Sun Joon ini sangat memegang nilai-nilai ideal tersebut. Nah tapi itu kemudian dikontraskan dengan perpolitikan di pemerintahnya yang ternyata mirip-mirip saja dengan pemerintah jaman sekarang; idealisme ada tapi diwarnai juga dengan berbagai konflik kepentingan dari berbagai pihak. Bahkan Lee Sun Joon sendiri harus menghadapi fakta bahwa ayahnya yang pejabat pun terlibat dalam lobi-lobi politik yang tidak begitu sesuai dengan idealismenya.

 Saya suka persahabatan diantara keempat tokoh utamanya. Permasalahan yang dihadapi oleh para tokohnya juga tidak klise. Yang paling menarik adalah arc penyelidikan mencari pencuri di kampus, serta arc lomba panahan. Oh iya sekedar trivia, Official Man Bo (Lee Mih Ho 2) yang di Rooftop Prince ternyata pernah main disini juga, walaupun cuma 2 episode…!

Adegan ketika keempat tokoh utamanya berjalan, diiringi lagu tema Sungkyunkwan Scandal? Terlihat epic dan cool. Saya jadi mengerti jokes Runningman yang suka memasang BGM Sungkyunkwan Scandal ketika ada adegan pretty boys… :-)

BGM: Pretty Boys by M2M
gambar dari thedramascenes

Dan Romance-nya, tidak berlebihan, cute dan manis… Banyak yang lebih suka dengan tokoh Moon Hae Shin/Gael Ol yang garang tapi sebetulnya baik hati, tipikal hero sejati, dibandingkan dengan Lee Sun Joon. Tapi kali ini entah kenapa saya tidak terjebak dalam pola ”suka-dengan-cowok-yang-bukan-tokoh-utama”. Untuk saya si Lee Sun Joon ini tampak mempesona sekali dengan segala kekakuan dan kebaikannya.

Kalau bicara kekurangan, mungkin di bagian endingnya terasa terlalu terburu-buru untuk diakhiri. Beberapa misteri besar akhirnya selesai dengan begitu saja. Sayang!

Intinya ini cukup mengobati kegamangan setelah selesai menonton Rooftop Prince. 4,5 dari 5 bintaaang (Apakah ini terlalu royal ya? Do I have such low standard…?  >_< Tapi memang bagus kok).

You Might Also Like

3 comments

  1. hola tan..
    ini vi, hehe.. samaa. dulu ga simpati ma yoochun. tapi semenjak miss ripley n rooftop jadi simpati ma dia. kyaaa >.< tanpa disadari entah kenapa jadi sukaa bgt. berkarisma mulu perannya. hahaa

    ReplyDelete
  2. Hei Vi... ID lama kamu kenapa emangnya? Kamu ada blog lagi? Yaaay...!

    Iya Yoochun itu kharismatik yaa.. sayang dia pernah ada skandal emosi mukul fans, tapi ya gimana, fansnya juga sampai tahap stalker.. ^^

    Miss Ripley bagus kah? Krn tokoh utamanya jahat jadi males nonton sih...

    ReplyDelete
  3. iya, soalnya sempet bermasalah jadinya di non-aktifin T-T

    tau soal skandal itu dari ade. Serem banget ya yang namanya stalker mah.. akhirnya suka jadi kasus kriminal coz mereka keterlaluannya suka minta ampun.

    miss ripley baguus deh beneran. konfliknya dapet banget. sering dibuat penasaran emang gegara tokoh utamanya yang nyebelin itu. Tapi meskipun gitu tetep aja suka haha..
    yoochunnya juga cakep&berkarisma. Vi suka dia gegara nonton miss ripley ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...