Book Fair & Serial Lama

July 16, 2012


Biasanya saya antusias sekali jika ada Book Fair. Awal-awal ada di Jogja, selalu semangat untuk datang, jatah uang bulanan dipakai untuk membeli buku-buku diskonan. Sekarang, duh, ada book fair pun belum tentu akan datang. Akhir-akhir ini jaraaang sekali membeli buku. Bukannya sudah jarang membaca, tapi rasanya kebutuhan sudah cukup terpenuhi dengan baca ebook, jurnal, website dan blog… Jadinya uang saku sekarang ini lari ke hal-hal yang lebih fana seperti makanan ataupun nonton bioskop….

Kemarin-kemarin, ada book fair di toko buku favorit saya. Diskon sampai 40%! Dan buku-buku yang didiskon lumayan bagus-bagus, terutama yang fiksi. Perasaan campur aduk sebetulnya. Melihat trilogi Bartimeous didiskon sampai 40%, rasanya sayang sekali karena dulu saya membeli ketika harganya masih mahal. Selain itu, jadi agak sedih juga karena buku-buku bagus pun sampai didiskon, apa memang minat membeli buku masyarakat semakin menurun…? Atau ini memang sedang membereskan stok saja..? Terus nanti penulisnya dapat royalti berapa kalau bukunya didiskon? Di lain pihak, saya sendiri bersikap kontradiktif, karena setelah menghitung-hitung, buku yang diincar setelah didiskon 40% pun tetap terasa memberatkan kantong dan tidak jadi membeli. Yah begitu deh, akhirnya pulang tanpa membeli apa-apa.

Soo Tempting...!

Tapi banyak hal menarik yang didapat dari mengunjungi book fairnya. Salah satunya, saya menemukan tumpukan komik yang mengingatkan saya pada masa-masa SD-SMP dulu: Seri Tokoh Dunia terbitan elexmedia komputindo. Saya kurang tahu seberapa tenar komik ini, tapi teman-teman yang hobi baca rata-rata ingat pernah membaca serial ini waktu masih sekolah dulu. Jadi ini adalah serial komik, tiap komiknya bercerita tentang tokoh yang sangat berpengaruh pada dunia, dari kalangan penemu, seniman, tokoh agama, hingga petualang. Seri nomor satu menceritakan tentang Sidharta Gautama, nomor dua menceritakan tentang Julius Caessar, nomor tiga tentang Christopher Colombus, dan seterusnya. 

 gambar dari goodreads

Pertama kali baca Seri Tokoh Dunia di perpustakaan kota Sukabumi, sekitar kelas 5 SD. Rasanya senaang sekali kalau bisa meminjam salah satu serinya. Seri tersebut cukup populer, dibuktikan dengan leceknya sampul dan halaman-halamannya. Koleksinya juga cukup teracak-acak jadi saya membacanya tidak berurutan, yang sedang ada ya saya pinjam dan baca duluan. Paling suka dengan kisah-kisah para penemu dan seniman, sangat inspirasional. Poin tambahannya adalah dengan baca serial ini saya jadi lumayan banyak tahu tentang tokoh-tokoh dunia, berguna sekali pas ikut lomba cerdas cermat….

Seingat saya dulu, seri tersebut berakhir sampai nomor 25, tentang Florence Nightingale. Tapi di bookfair itu, sudah ada tambahannya, hingga nomor 60…! Ada tokoh-tokoh seperti Lady Diana hingga Bill Gates!

Tapii, ilustrasinya kok terlihat semakin bervariatif? Saya cek lah bagian keterangan bukunya (ada satu yang plastiknya sudah terbuka duluan), dan ternyata untuk seri-seri terbaru, nama ilustratornya sangat Indonesia. Sementara kalau yang awal-awal, ilustratornya Cina/Taiwan/Hong Kong gitu. Hmm, ngga bermasalah sih. Tapi secara personal, bagi saya sekarang perbedaan ilustrasinya terlalu menonjol. Kalau yang dulu, biarpun ilustratornya beda gaya gambar dan penceritaannya sama. Yang sekarang nih betul-betul variatif, ada yang gaya gambarnya seperti komik Indonesia, ada juga yang seperti manga. Rasanya jadi kurang konsisten saja.

Tapi tetap, ini serial yang fun dan mendidik. Bisa lah masuk koleksi perpustakaan keluaga…;-)

You Might Also Like

2 comments

  1. wah seru ya kalo ada book fair gitu.. apalagi kalo bisa dapet buku yang bagus dan murah. :D

    ReplyDelete
  2. Iya sebetulnya seru kok apalagi kalau lagi ada duit banyak hehe... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...