Maraton

August 11, 2012

gambar dari sini


Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir! Rasanya campur aduk karena senang sebentar lagi bisa mudik dan merayakan idul fitri, tapi sedih juga karena harus berpisah dengan bulan Ramadhan. Semoga masih bisa menjalani Ramadhan di tahun berikutnya, amiiin….

Tiap kali memasuki masa-masa separuh akhir Ramadhan, imam/penceramah solat tarawih pastilah tidak lupa membahas fenomena yang selalu terulang tiap tahunnya: Bahwa barisan peserta solat tarawih di mesjid semakin lama semakin maju, menandakan semakin sedikit orang yang ikut tarawih. Di lain pihak, keluh beberapa penceramah, tampaknya mall kembali menjadi penuh. Kenapa selalu seperti itu?

Hari-hari terakhir di bulan Ramadhan itu bisa dianalogikan seperti perlombaan maraton di beberapa kilometer terakhir. Lomba yang tidak hanya diikuti oleh atlit profesional tapi juga orang biasa, ya. Ada kan orang yang berlari terlalu bersemangat di awal-awal, tapi ketika sudah mendekati garis finish akhirnya kehabisan tenaga? Ada juga tipe yang berhasil mempertahankan kecepatan dengan stabil sejak awal hingga akhir. Selain itu, ada juga yang mengawali dengan bagus, kemudian semakin mendekati finish malah semakin menambah kecepatan. Semuanya bergantung kepada tiap individunya, mereka punya kapasitas dan style masing-masing.

Dalam Ramadhan juga mungkin begitu. Sebagian mungkin telah mengerahkan banyak semangatnya di awal-awal, sehingga di bagian akhirnya justru kehilangan motivasi. Tapi kerennya, banyak juga yang semakin bersemangat ketika memasuki bagian akhir Ramadhan, beritikaf di masjid dan menambah ibadah sebanyak-banyaknya.

Mau yang manapun, pada akhirnya Ramadhan ini juga spiritnya sama seperti maraton: Lomba yang lebih banyak berisi pertarungan dengan diri sendiri dibandingkan dengan orang lain. Tidak seperti lomba lari jarak pendek yang garis finishnya terlihat dan bisa segera diraih, maraton itu garis finishnya jauuuh sekali. Ada pilihan untuk memperlambat lari dan bahkan berhenti. Harus pandai-pandai memotivasi diri agar bisa terus berlari.

Karena itu menjelang garis finish Ramadhan, mari saling menyemangati agar bisa melakukan yang terbaik dalam Ramadhan ini, sesuai dengan kemampuan masing-masing…! J    

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...