Asian Job Express: Meaningful Competition & Workshop!

August 27, 2012

Berita bagus! Kompetisi yang berhasil membawa saya ke Jepang tahun lalu, Asian Job Express, kembali dilaksanakan tahun ini. Untuk mahasiswa tahun ketiga dan keempat, serta para fresh-graduate, sangat disarankan untuk ikut!


Untuk informasi mengenai lombanya, silakan buka website nya (ada yang nampang di halaman prizewinner tahun 2011, hehe… :P).

Kontes ini diadakan bagi para mahasiswa dari 6 negara: Cina, Singapura, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, dan Jepang. Secara garis besar event-nya terbagi dalam dua bagian: Kompetisi internal di tiap negara, kemudian ada workshop di Jepang yang mempertemukan pemenang dari keenam negara tersebut. Workshopnya dibiayai oleh panitia secara penuh. Plus, tiap pemenang juga mendapat hadiah yang cukup besar: Juara 1 per-kategori dari tiap negara masing-masing mendapat 1000 USD, sementara juara 2 dan 3 dari tiap negara masing-masing mendapat 100 USD (iyah gapnya agak jauh ya…?). Daan, para peserta juga mendapat kesempatan untuk dievaluasi oleh perusahaan-perusahaan sponsor untuk dipertimbangkan bekerja disana. Semacam sekali dayung tiga pulau terlampaui… ^^

Kompetisi Regional

Untuk kompetisi internal di tiap negara, peserta diharuskan membuat sebuah ”business report”, semacam business plan bagi salah satu perusahaan sponsor (mau membuat untuk ketiganya pun boleh). Sepertinya di tahun ini perusahaannya sama seperti tahun lalu: Bandai Namco, Idemitsu, dan Muji. Setiap perusahaan memiliki tugas ”business report” yang berbeda-beda. Bandai Namco yang saya ikuti tahun lalu misalnya, menugaskan peserta untuk membuat rencana jika Bandai Namco membuat ekspansi Amusement Park di negara tempat tinggal kita. Sheet tugasnya tinggal didownload dari website, diisi, kemudian dikirimkan ke email panitia. Setelah saya cek, tugas yang tahun ini berbeda dengan tugas tahun lalu. Tapi intinya sama saja sih, mencari dan menuliskan ide kreatif sesuai dengan permintaan perusahaan sponsornya. 

Karena saya mengetahui lomba ini sekitar satu minggu sebelum deadline, saya putuskan untuk mengirimkan satu business report saja. Bandai Namco dipilih karena suka dengan beberapa produknya (Tales of the Abyss..! Digimoon…! Gundam…! :D). Bahkan saya menyadari ada lomba ini gara-gara melihat logo Bandai di poster lombanya di kampus. Lagipula, untuk membuat satu tugas pun memerlukan waktu cukup banyak untuk riset dan membuat rencana. Overall, proses pembuatan business plannya cukup menyenangkan sih, karena topik yang saya pilih lumayan sesuai dengan minat dan hobi ^^.

Setelah mengirimkan aplikasi, saya menunggu sekitar satu bulan. Sekitar akhir September, mendapat telepon dari Jakarta, yang mengabarkan saya lolos menjadi salah satu finalis kategori Bandai Namco di Indonesia, dan harus mengikuti wawancara di Jakarta. Wawancaranya sendiri dilaksanakan sekitar bulan Oktober. Para peserta dari Jogja mengikuti wawancara di Jakarta (tentu saja biaya transportasinya direimburse secara penuh oleh panitia).

Wawancara dilaksanakan dengan bantuan interpreter dari Indonesia, karena Koike San (yang mewawancarai) lebih suka menggunakan bahasa Jepang. Walaupun jadinya seperti komunikasi tiga arah, bisa dikatakan wawancaranya cukup lancar. Koike San banyak bertanya mengenai business plan yang saya buat, juga mengenai hal-hal lain mengenai pengalaman saya di kuliah. Selama wawancara, beliau banyak menulis (dalam kanji tentunya) di kertas, sepertinya itu adalah laporan hasil wawancaranya. Kata beliau itu akan diserahkan ke pihak Bandai yang kemudian akan menjadi penyeleksi akhir untuk memilih pemenang kontesnya.

Sekitar awal November, seluruh finalis dikabari hasil seleksi akhirnya. Alhamdulillah, saya menjadi pemenang pertama di kategori Bandai Namco. Luar biasa senang! Untuk pengurusan visa dilakukan oleh masing-masing peserta, untungnya mendapat banyak bantuan dari panitia yang memberikan berbagai macam dokumen pelengkap sehingga proses pembuatan visanya cukup lancar. Tanggal 19 Desember 2011 malam, saya dan 8 orang pemenang Asian Job Express dari Indonesia pun berangkat ke Jepang dengan pesawat GA 0884.

Workshop

Workshopnya dilakukan di Shinagawa Prince Hotel, bagus dan mewah. Walaupun cuma 5 hari, tapi pengalaman disana sangat memorable. Saya terkesan dengan profesionalitas panitianya dalam mengorganisir acara. Pemanfaatan waktunya juga luar biasa. Hari pertama cukup santai karena tidak ada agenda, full jalan-jalan, saya bahkan sempat mengupdate blog. Tapi hari-hari berikutnya, penuh dengan agenda: Lecture, workshop, field-trip, dan presentasi. Saya paling suka bagian workshop dimana kita dibagi menjadi sub-grup yang mengerjakan proyek bersama. Intinya, dalam business trip ini, banyak sekali hal yang didapat, mulai dari entertainment, food venture, hingga insightful lecture dan kesempatan untuk bekerja bersama teman-teman baru dari berbagai latar belakang…

The fun side:

Dari atas: Street in Akihabara, Asakusa temples, Gundam Cafe, Namco Namja Town in Ikebukuro, and mini festival in Tokyo Tower
Food venture:

Plain Soba, Sushi, Soba set, Macha Ice Cream, Nabe in Izakaya, Tempura-don, and bunch of cakes
The workshop:
Presentation times, opening ceremony, speech on closing ceremony, taking pict in the middle of group work, and winning pose :-)
Sedikit trivia… Di acara workshop grup Bandai Namco, tim Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Best Business Plan, setelah sesi presentasi kedua. Senang sekali karena jerih payah bergadang semalaman sebelum presentasi akhirnya terbayar! ^^

Pertanyaannya, mengapa kompetisi ini diadakan? Karena Jepang sebagai negara maju yang terancam mengalami depopulasi menyadari bahwa mereka ke depannya tidak bisa hanya bergantung pada human resource dalam negeri. Mereka menyadari bahwa ada bakat-bakat luar biasa di negara-negara berkembang, karena itulah kompetisi ini menjadi ajang bagi mereka untuk mencari bibit-bibit unggul yang bisa mereka scout. Hahaha, give and take ya pada akhirnya?

Bagaimana follow up dari kompetisi ini? Beberapa peserta kabarnya ditarik oleh perusahaan sponsor. Saya sendiri, beberapa bulan setelah acara selesai mendapat kabar dari panitia, bahwa saya sempat masuk sampai seleksi final untuk rekruitmen Bandai Namco tapi pada akhirnya belum bisa diterima disana. Sayang sekali… >_<.

Bagaimanapun, ini kompetisi yang worth it sekali untuk dicoba…! Bagi yang sempat membaca postingan ini, kalau berkenan tolong informasikan lebih luas ya..! Tahun lalu sih karena ini baru pertama kali diadakan, saya agak ragu-ragu untuk ikut, ternyata sangat profesional pelaksanaannya. 

Oh iya Andi, salah satu pemenang dari Indonesia, juga sempat membuat video mengenai kompetisi ini, silakan dicek:


You Might Also Like

10 comments

  1. Kak, mao tanya, waktu wawancara pake bahasa apa? bahasa inggris atau Indonesia?
    saya berhasil masuk tahap wawancara untuk Idemitsu dan Bandai...
    terus yang ikut wawancara itu berapa orang kak untuk tiap perusahaan?

    Terima kasih ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya..! :)

      Kalau saya kebanyakan pakai bahasa Indonesia aja. Sempat sih mas interpreternya keluar dan saya masih perlu ngejelasin sesuatu, jadi pakai bahasa Inggris, tapi ga banyak-banyak amat.

      Soal jumlah orang yang masuk wawancara, saya kurang tahu. Wawancaranya dibagi ke beberapa hari, kan.. Di hari saya wawancara, ada sekitar 10-12 orang yang ikut.. Tiap orang juga beda-beda, ada yang wawancara untuk satu perusahaan aja, ada yang untuk dua perusahaan..

      Good luck ya..! Ganbatte..! ^^//

      Delete
    2. terima kasih yah kak buat balasannya..

      Oh jadi bisa ya bahasa Indonesia..soalnya klo bahasa Indonesia kan bisa lebih nyaman jelasin semuanya...hehehe

      oh ada banyak hari ya..saya ga taw soalnya saya ditelpon, langsung dikasih taw jadwal wawancara saja
      iya...saya juga nanti 2 perusahaan sih kak...
      deg-deg-an nih kak sama pertanyaan2 wawancaranya..huhuhuhu

      Iya kak, saya akan berjuang!!

      Delete
    3. Iya ya kalau pake bahasa sendiri bisa ngejelasin lebih lancar. Kalau kamu bisa bahasa Jepang, bisa jadi poin plus sepertinya.. ^^

      Kalo pertanyaan, standar interview sih. Yang penting kamu jadi diri sendiri, jangan nervous aja...

      Delete
  2. halo salam kenal

    alhamdulilah saya juga dipanggil interview. jadi interview pake bahasa indonesia ya?kalo boleh,bisa diceritain gak dulu mbak tanti interviewnya gmn?dtanya seputar apa?apakah hanya seputar proposal?terus jika lolos seleksi tahap regional masih ada seleksi tingkat nasional gak?

    mohon jawabannya

    arigatou gozaimas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya..! Semoga sukses interviewnya... :)

      Hmm, interview saya dulu seperti interview beasiswa/wawancara kerja sih. Ditanya tentang proposal sama hal-hal yang ditulis di resume, jadi persiapkan jawaban soal itu ya...

      Kalau jaman saya dulu ngga ada seleksi regional, walaupun interviewnya dilaksanakan di 2 kota (Jkt & Bandung) tapi itu langsung jadi seleksi nasional. Jadi setelah interview peserta akan direview oleh perusahaan sponsor, dan nanti langsung ditentukan pemenang dari tiap negara...

      Delete
  3. Kak, saya bersyukur sekali..dan pastinya seneng banget
    karena saya seperti kakak..menjadi pemenang pertama Bandai Namco tahun ini..hehee
    terima kasih kak untuk bantuannya...
    nanti 16 desember, akan berangkat ke jepang untuk workshopnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaa Omedetou..!! :D
      Semoga lancar ya di Jepangnya. Enjoy your time there..!

      Btw saya buka blogmu, ternyata suka Jhonny's juga yah.. Titip salam untuk Yamapi dan Chineen XD

      Delete
    2. Makasih ya kak!!

      wah, si kakak juga ternyata suka Johnnys toh...
      dan kenapa taw klo saya paling suka Yamapi dan Chinen? kekeke..oh iya di blog ya..lol

      Delete
    3. Iya...
      Saya juga suka banget sama Yamapi dan Chinen, hehe. Tapi nomer satunya tetep.. Nino ^^
      Salam juga untuk Koike San, Mr. Liu, Miss Liu, dan semua staf AJE yaaa... :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...