The Mind Reader(s)

June 23, 2013

Sebagai mahasiswa -sekarang alumni- fakultas psikologi, saya sudah kenyang diasumsikan sebagai orang yang bisa membaca pikiran orang lain. Entah sudah berapa kali harus menjelaskan bahwa iya, kami memang mempelajari perilaku dan sikap manusia, dan ada beberapa metode untuk menduga dan menganalisis sikap, pikiran dan perasaan seseorang -seperti membaca ekspresi non verbal-, tapi itu semua ya masih dugaan. Pikiran manusia itu kompleks dan sangat personal. Kita tidak akan pernah tahu persis bagaimana pikiran seseorang. Kecuali kalau kita punya kekuatan telepati.

Artikel ini menyebutkan bahwa super power yang paling banyak diinginkan oleh peserta surveynya adalah kemampuan time traveling dan mind reading. Kalau time traveling, mungkin alasannya adalah untuk memperbaiki masa lalu atau mengecek masa depan. Sementara kalau mind reading, hmm, apakah karena kita makhluk sosial yang ingin bisa adjust dengan orang lain? Atau simply karena manusia dasarnya kepo? 

Anyway... Membaca pikiran juga merupakan kemampuan yang cukup populer dalam pop culture. Sekarang ini yang terlintas di pikiran ketika membahas mind reading, jadi ingat pak polisi di serial Heroes. Ada juga Popy -yang kereeeen- di manga/anime Si Penyihir Chacha yang punya kemampuan telekinesis. Tahun ini, saya sudah menonton dua serial yang tokoh utamanya memiliki kemampuan membaca pikiran.

Yang pertama adalah Kotoura-San, anime tentang siswi SMA yang bisa membaca pikiran orang. Karena tidak tahu bahwa membaca pikiran itu sesuatu yang aneh, waktu kecil ia sering mengungkapkan apa yang ia dengar lewat kemampuannya itu kepada orang lain, dan menyebabkan masalah. Ia dikucilkan teman-temannya dan orang tuanya pun akhirnya bercerai. Trauma, Kotoura menjadi anak yang pemalu dan penyendiri. Makanya ketika pindah SMA, ia bersikap dingin, tapi kemudian bertemu dengan seorang cowok bernama Manabe Yoshihisa yang -walaupun suka berpikiran ecchi dan konyol- tampaknya tidak mempermasalahkan kemampuan Kotoura membaca pikiran orang. Sejak itu, Kotoura pun mendapat kesempatan untuk mendapat teman-teman yang mengerti dengan dirinya. 

gambar dari sini

Anime ini punya premis menarik. Episode 1 yang menceritakan masa lalu Kotoura sungguh menggetarkan hati. Saya juga suka dengan interaksi Kotoura dengan teman-teman barunya di awal-awal. Semakin ke belakang, ceritanya jadi agak tipikal anime moe/anak sekolah dengan arc "liburan ke pantai" dst dst, jadi terasa agak klise sih. Ditambah lagi dengan ke-ecchi-an si Manabe yang terlalu lebai. Jadi, 3 dari 5 bintang.

Serial kedua mengenai mind reader yg saya tonton tahun ini adalah I Hear Your Voice, Kdrama yang sekarang ini masih on-going, baru sampai episode 6. Terbujuk rayuan Imoto untuk menonton, padahal sudah cukup capek menunggu Last Cinderella dan Kazoku Game yang juga sedang tayang.

Dalam I Hear Your Voice, mind readernya adalah Park Su Ha, pemuda SMA berusia 18/19 tahun. Ia mendapat kemampuan membaca pikiran ketika mengalami percobaan pembunuhan sewaktu berumur 8/9 tahun: Saat mobil yang ia tumpangi bersama ayahnya ditabrak truk, dengan ngeri ia mendengar pikiran sang supir truk yang ternyata sengaja menabrak mereka-. Ketika itu, Su Ha hampir dibunuh juga oleh si supir truk, namun selamat karena tepat sebelum dibunuh, Jang Hye Sung -heroine serial ini- mendatangi tempat kejadian sehingga si supir harus lari -setelah mengancam Hye Sung dan temannya untuk tidak lapor polisi-.

Di pengadilan, Su Ha yang kehilangan suaranya karena trauma tidak berhasil meyakinkan orang-orang bahwa si supir truk adalah pembunuh, karena satu-satunya bukti adalah bahwa ia bisa membaca pikiran si pembunuh -yang langsung ditertawakan pengacara sang supir-. Di saat kritis, Jang Hye Sung -yang saat itu merupakan siswi SMA- datang ke pengadilan dan menjadi saksi untuk Su Ha. Si pembunuh marah dan mengancam akan membalas dendam. Su Ha sangat berterima kasih pada Hye Sung. Ketika mendengar pikiran bahwa Hye Sung ketakutan terhadap ancaman si pembunuh, ia pun berjanji akan melindungi Hye Sung. Sejak itu, Su Ha yang tumbuh menjadi pemuda kuat -dan manis dan keren- selalu mencari Hye Sung. Sangat sweet yaa..!

Karena ini dramaland, Su Ha pun berhasil bertemu lagi dengan Hye Sung yang saat ini menjadi pengacara publik -pekerjaan yang menurutnya sangat cocok bagi Hye Sung sang pembela kebenaran-. Namun kemudian Su Ha dipaksa melihat kenyataan bahwa Hye Sung adalah wanita yang egois, narsis, over-PD, keras kepala, malas masak dan tidak rapi... Shattered first love image, begitu.

Namun Su Ha tetap bertekad membantu dan melindungi Hye Sung, apalagi ketika mendengar bahwa sang pembunuh sudah keluar dari penjara dan mulai meneror mereka. Apakah Su Ha akan berhasil melindungi Hye Sung? Siapa yang pada akhirnya menjadi pilihan hati si Hye Sung, Su Ha si dongsaeng atau Lawyer Cha, rekan kerja Hye Sung yang idealis? Bagaimana dengan persaingan antara Hye Sung dan teman/saingan masa kecilnya? Bagaimana nasib ibunya Hye Sung, Kdrama's best mother yang sepertinya diincar oleh Min Jun Gook sang pembunuh? Apa alasan Min Jun Gook membunuh ayah Su Ha? Apakah Su Ha akan turn into the dark side demi melindungi Hye Sung?
I am dying to know tapi masih harus menunggu minggu demi minggu untuk mengetahui kelanjutannya.... >_<

gambar dari sini

Drama ini sangat engaging dan mengaduk emosi: Saya bisa swooning over cute action dari Su Ha, tertawa-tawa karena tingkah memalukan Hye Sung, lalu beberapa menit kemudian deg-degan karena aksi Min Jun Gook sang pembunuh yang licik dan pintar dalam menjalankan aksi balas dendamnya. Tidak heran, karena drama ini digawangi oleh penulis cerita Dream High, sutradara Cheongdamdong Alice, dan produser City Hunter. Selain cerita utamanya, tiap episode juga ada sub-plot mengenai kasus-kasus yang ditangani Hye Sung sebagai pengacara publik. Kasus-kasus yang selesai tiap 2-3 episode ini juga menarik, dan somehow membantu perkembangan karakter dari tokoh utamanya. Kasus terakhir melibatkan teori Prisoner's dillema, keren sekali bisa mengimplementasikan itu di K-drama..! 

Sekarang ini, saya beri rating 5 dari 5 bintang...!!! Semoga episode-episode berikutnya akan tetap menarik. Mengingat bahwa dalam 6 episode saja perkembangan ceritanya sudah cukup cepat (hampir semua orang sudah tahu bahwa Min Jon Gook berkeliaran di dunia luar, etc etc), saya jadi penasaran akan kemana arah ceritanya berjalan... Jangan-jangan akan ada karakter penting yang mati, aduh jangan sampai deh.... >_<

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...