Wikipedia Freefall

May 03, 2013

Informasi di jaman sekarang ini mudah sekali didapat. Jaman sebelum kenal internet (kira-kira sampai awal SMP..?), andalan saya untuk mencari informasi ya perpustakaan, majalah/koran, dan televisi. Itu pun belum tentu dapat info spesifik yang saya mau. Sekarang, mau tau tentang apapun tinggal googling saja, 95% pasti informasinya ketemu. Suatu kemajuan yang bagus, tapi di lain pihak, kadang kita jadi terekspos dengan terlalu banyak informasi, ngga sih..?

Baru-baru ini saya baca di Cracked.com (situs sumber tawa favorit saat ini haha) mengenai istilah Wikipedia Freefall. Singkatnya, istilah ini menjelaskan kondisi ketika seseorang yang sedang mencari informasi tertentu di wikipedia kemudian tergoda untuk membuka link-link di web tersebut, yang semakin lama semakin tidak relevan dengan tujuan awalnya. Waktu baca artikel itu, saya dan imoto meringis geli, sadar betapa seringnya kami mengalami itu.

Contohnya tadi saya iseng buka wiki karena ingin tahu tentang Raja Willem-Alexander. Lalu tertarik untuk mengklik keterangan tentang istrinya. Lalu mengklik hyperlink tentang putri mereka. Lalu ternyata ibu baptis sang putri itu adalah putri victoria dari swedia, jadi penasaran dan membuka linknya. Lalu sang calon ratu swedia itu ternyata dikabarkan pernah kena anorexia, jadilah saya klik link anorexia. Ujung-ujungnya ada list selebriti yang pernah mengidap anorexia, dan saya menglik Mary-kate Olsen... Lumayan jauh ya hubungannya -_-

Selain wikipedia yg general, yang sering membuat saya mengalami freefall adalah kalau sedang berkunjung ke IMDB/Dramawiki... Awalnya ingin mencari tahu tentang film/dorama tertentu, lalu kemudian tertarik dengan salah satu aktornya, jadilah saya buka halaman sang aktor, lalu membuka film/drama yang dia mainkan, lalu membuka halaman aktor/aktris lain yang juga main di film itu.. Begitu terus sampai tahu-tahu waktu sudah berlalu cukup lama...

Bagus sih ya kita bisa dapat banyak informasi, tapi kecenderungan untuk bikin lupa waktunya itu lho... Padahal waktu yang digunakan untuk mengklik-klik link demi membaca info yang penting-ga-pentingnya itu mestinya bisa digunakan untuk hal yang lebih produktif, misalnya... ^^;

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...