Membeli benda virtual

March 19, 2012


Selama mampir di Sukabumi, saya kembali memainkan Pet Society, terpengaruh adik-adik yang sedang keranjingan. Game ini sudah semakin banyak update-nya sejak terakhir kali saya mainkan lebih dari dua tahun yang lalu. Variasi baju-baju untuk dipakaikan ke pet dan benda-benda dekorasi rumahnya, sudah banyaaak sekali: Tema valentine, halloween, disney, fairy, indiana jones, flinstone, harry potter, hingga brazilian festival.… Seribu satu deh. Melihat pet adik-adik dan teman-teman yang sudah keren, saya kan jadi kabita….

Setelah berusaha mencari duit dengan cara mengunjungi rumah dari tiap teman di pet society (50 Coin per rumah!), memandikan petnya orang lain (40 Coin per lalat!), balapan, dan shamelessly meminta imouto untuk membelikan beberapa perabot, sekarang pet saya Shishi Chan sudah punya rumah dan style yang cukup keren:


Shishi Chan, lebih makmur daripada pemiliknya sendiri

Sayangnya setelah kembali ke Jogja, susah sekali menyempatkan waktu untuk main game ini lagi, karena koneksi wifi kurang bisa diandalkan.

Perkembangan paling mencolok dari pet society juga, developernya semakin gencar dalam mendayagunakan Pet Society Cash (selanjutnya akan disingkat jadi PSC). Ini adalah semacam mata uang kedua di dunia pet society yang nilainya lebih besar dibandingkan Coin-nya pet society. Kalau Coin adalah sickle, PSC adalah Galleon. Dengan 5 PSC, kita bisa mendapat 1500 Coin. Lebih penting lagi, sekarang ada  banyak sekali benda-benda super cute yang cuma bisa dibeli dengan PSC. Banyak.

Cara utama mendapatkan PSC?  Membeli dengan uang asli melalui kartu kredit, paypal, atau bahkan pulsa handphone. Cara lainnya, kalau melakukan transaksi dengan sponsor-sponsor pet society, bisa mendapat bonus beberapa poin PSC. Cara gratisannya ada sih, login 5 hari berturut-turut bisa mendapat antara 2 sampai 5 PSC. Tapi itu kan lama. Kalau mau beli dengan uang asli, nilai tukarnya 5 USD bisa mendapat 25 PSC. Kalau beli lewat pulsa lebih mahal lagi, 5000 rupiah cuma bisa mendapat 1 PSC.

Kelihatannya agak murah, tapi kalau dihitung-hitung tidak juga. Pakaian yang bertema biasa, satu set rata-rata harganya antara 1000 sampai 2500 Coin, berarti 1 atau 2 PSC. Baju eksklusif harganya bisa 3 sampai 8 PSC. Convert ke rupiah dengan  standar 1 PSC = 5000, berarti satu set baju harganya sekitar 5000 sampai 40 ribu rupiah….
Benda dekorasi biasa, harganya dari mulai 10 sampai ribuan Coin Benda-benda spesial semacam kereta kuda, peri, mobil, harganya bisa mencapai 15 PSC. Again, berapa puluh ribu rupiah jadinya…

 Unicorn ini seharga dua paket Big Mac

Walaupun cukup tergoda bisa mendapat PSC dengan gampang, saya ngga berani beli sih. Karena, seberapapun lucunya benda yang ingin dibeli, itu kan tetap benda virtual, yang dipakai untuk mendandani pet virtual. Sama sekali ngga nyata. Sayang aja duitnya, mending juga dipakai hal lain.

Tapi prioritas orang berbeda-beda, mungkin ada  juga yang rela membeli PSC demi kepuasan maksimal saat maen pet society. Buktinya, Playfish mendapat keuntungan yang cukup lumayan di tahun 2009 lalu, 17 juta USD. Just, wow.

Ngga heran sang walikota Pet Society bisa sangat kaya


Ini mengingatkan saya ketika dulu aktif di salah satu MMORPG awal di Indo. Di area orang biasa berkumpul dan jualan barang (”RARE ITEM KK!”, ”Cheap potion KK!”),  ada juga orang yang menjual karakter atau item dengan harga rupiah. Karakter Level 99 dijual dengan harga sekian puluh ribu, transaksi lewat transfer di bank. 1 juta Zeny dijual dengan harga sekian puluh ribu….

Praktek ini sepertinya sudah sangat biasa terjadi di MMORPG. Kalau mengunjungi ebay, ternyata banyak juga orang-orang yang menjual rare item dalam game online. Yang beli juga banyak. Developer gamenya sendiri sikapnya macam-macam, rata-rata sebetulnya melarang transaksi semacam itu, tapi ada juga yang malah mendukung dan memfasilitasi.

Saking populernya praktek ini, pemerintah Amerika bahkan mempertimbangkan dengan serius untuk menerapkan pajak pada jual-beli benda virtual. Tentu saja ini menimbulkan pro dan kontra. Yang setuju alasannya karena benda-benda itu memang punya nilai yang cukup berharga, cukup stabil dan bisa diconvert juga ke mata uang nyata. Yang ngga setuju, karena ini kan benda virtual, ngga stabil, dan akan sangat rumit untuk memajaki (?) setiap benda di setiap dunia online yang berbeda-beda, ribet.


Rainbow Bed, 3900 Coin belum termasuk pajak

Walaupun terkesan absurd, bahwa ada orang-orang yang membeli item untuk karakter game atau rumah dalam suatu dunia virtual dengan uang yang nyata, tapi sebetulnya praktek serupa juga sudah berjalan  dalam aspek kehidupan lain. Yang paling dekat, ya membeli domain website. Apa yang membuat satu space website lebih nyata daripada satu set dekorasi bertema Halloween di Pet Society..?  Sama saja. Atau saham. Nilai dari saham kan juga sebetulnya ngga ada bentuk aslinya (ada sih, lembaran saham, tapi nilainya lebih dari itu).

Jadi memang sekarang ini, batasan antara benda nyata maupun virtual sudah semakin blur saja. Tapi pada akhirnya, pembelian benda virtual ataupun nyata, tujuannya tetap sama: Memenuhi kebutuhan manusia, baik itu kebutuhan fisik ataupun mental.

You Might Also Like

2 comments

  1. jujur, sampai detik ini gue belum pernah main pet society :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali entah kenapa komenmu masuk spam, baru kebaca.. ^^
      Haha belum pernah main? Memang ngga suka maen game atau ngga tertarik aja sama gamenya? Selera emang beda-beda yaa..

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...