Membeli benda virtual
March 19, 2012
Selama
mampir di Sukabumi, saya kembali memainkan Pet Society, terpengaruh adik-adik
yang sedang keranjingan. Game ini sudah
semakin banyak update-nya sejak terakhir kali saya mainkan lebih dari dua tahun
yang lalu. Variasi baju-baju untuk dipakaikan ke pet dan benda-benda dekorasi
rumahnya, sudah banyaaak sekali: Tema valentine, halloween, disney, fairy,
indiana jones, flinstone, harry potter, hingga brazilian festival.… Seribu satu deh. Melihat pet adik-adik dan teman-teman yang sudah keren,
saya kan jadi kabita….
Setelah berusaha mencari duit dengan cara mengunjungi
rumah dari tiap teman di pet society (50 Coin per rumah!), memandikan petnya
orang lain (40 Coin per lalat!), balapan, dan shamelessly meminta imouto untuk
membelikan beberapa perabot, sekarang pet saya Shishi Chan sudah punya rumah
dan style yang cukup keren:
Shishi Chan, lebih makmur daripada pemiliknya sendiri
Sayangnya setelah kembali ke Jogja, susah sekali
menyempatkan waktu untuk main game ini lagi, karena koneksi wifi kurang bisa
diandalkan.
Perkembangan paling mencolok dari pet society juga,
developernya semakin gencar dalam mendayagunakan Pet Society Cash (selanjutnya
akan disingkat jadi PSC). Ini adalah semacam mata uang kedua di dunia pet
society yang nilainya lebih besar dibandingkan Coin-nya pet society. Kalau Coin
adalah sickle, PSC adalah Galleon. Dengan 5 PSC, kita bisa mendapat 1500 Coin.
Lebih penting lagi, sekarang ada banyak sekali
benda-benda super cute yang cuma bisa dibeli dengan PSC. Banyak.
Cara utama mendapatkan PSC? Membeli dengan uang asli melalui kartu
kredit, paypal, atau bahkan pulsa handphone. Cara lainnya, kalau melakukan
transaksi dengan sponsor-sponsor pet society, bisa mendapat bonus beberapa poin
PSC. Cara gratisannya ada sih, login 5 hari berturut-turut bisa mendapat antara
2 sampai 5 PSC. Tapi itu kan lama. Kalau mau beli dengan uang asli, nilai
tukarnya 5 USD bisa mendapat 25 PSC. Kalau beli lewat pulsa lebih mahal lagi, 5000 rupiah cuma bisa
mendapat 1 PSC.
Kelihatannya agak murah, tapi kalau dihitung-hitung tidak
juga. Pakaian yang bertema biasa, satu set rata-rata harganya antara 1000
sampai 2500 Coin, berarti 1 atau 2 PSC. Baju eksklusif harganya bisa 3 sampai 8
PSC. Convert ke rupiah dengan standar 1 PSC = 5000, berarti satu set baju harganya sekitar 5000 sampai 40
ribu rupiah….
Benda dekorasi biasa, harganya dari mulai 10 sampai
ribuan Coin Benda-benda spesial semacam kereta kuda, peri, mobil, harganya bisa
mencapai 15 PSC. Again, berapa puluh ribu rupiah jadinya…
Unicorn ini seharga dua paket Big Mac
Walaupun cukup tergoda bisa mendapat PSC dengan gampang,
saya ngga berani beli sih. Karena, seberapapun lucunya benda yang ingin dibeli,
itu kan tetap benda virtual, yang dipakai untuk mendandani pet virtual. Sama
sekali ngga nyata. Sayang aja duitnya, mending juga dipakai hal lain.
Tapi prioritas orang berbeda-beda, mungkin ada juga yang rela membeli PSC demi kepuasan maksimal saat maen pet society. Buktinya, Playfish mendapat keuntungan yang cukup lumayan di tahun 2009 lalu, 17 juta USD. Just, wow.
Ngga heran sang walikota Pet Society bisa sangat kaya
Ini mengingatkan saya ketika dulu aktif di salah satu
MMORPG awal di Indo. Di area orang biasa berkumpul dan jualan barang (”RARE
ITEM KK!”, ”Cheap potion KK!”), ada juga
orang yang menjual karakter atau item dengan harga rupiah. Karakter Level 99
dijual dengan harga sekian puluh ribu, transaksi lewat transfer di bank. 1 juta
Zeny dijual dengan harga sekian puluh ribu….
Praktek ini sepertinya sudah sangat biasa terjadi di
MMORPG. Kalau mengunjungi ebay, ternyata banyak juga orang-orang yang menjual rare
item dalam game online. Yang beli juga banyak. Developer gamenya sendiri sikapnya macam-macam,
rata-rata sebetulnya melarang transaksi semacam itu, tapi ada juga yang malah
mendukung dan memfasilitasi.
Saking populernya praktek ini, pemerintah Amerika bahkan mempertimbangkan
dengan serius untuk menerapkan pajak pada jual-beli benda virtual. Tentu saja
ini menimbulkan pro dan kontra. Yang setuju alasannya karena benda-benda itu
memang punya nilai yang cukup berharga, cukup stabil dan bisa diconvert juga ke
mata uang nyata. Yang ngga setuju, karena ini kan benda virtual, ngga stabil,
dan akan sangat rumit untuk memajaki (?) setiap benda di setiap dunia online
yang berbeda-beda, ribet.
Rainbow Bed, 3900 Coin belum termasuk pajak
Walaupun terkesan absurd, bahwa ada orang-orang yang
membeli item untuk karakter game atau rumah dalam suatu dunia virtual dengan
uang yang nyata, tapi sebetulnya praktek serupa juga sudah berjalan dalam aspek kehidupan lain. Yang paling
dekat, ya membeli domain website. Apa yang membuat satu space website lebih
nyata daripada satu set dekorasi bertema Halloween di Pet Society..? Sama saja. Atau saham. Nilai dari saham kan juga sebetulnya ngga ada bentuk aslinya (ada sih, lembaran saham, tapi nilainya lebih dari itu).
Jadi memang sekarang ini, batasan antara benda nyata maupun virtual sudah semakin blur saja. Tapi pada akhirnya, pembelian benda virtual ataupun nyata, tujuannya tetap sama: Memenuhi kebutuhan manusia, baik itu kebutuhan fisik ataupun mental.
2 comments
jujur, sampai detik ini gue belum pernah main pet society :)
ReplyDeleteMaaf sekali entah kenapa komenmu masuk spam, baru kebaca.. ^^
DeleteHaha belum pernah main? Memang ngga suka maen game atau ngga tertarik aja sama gamenya? Selera emang beda-beda yaa..
Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...