Satu lagi jejak digital dari saya

December 18, 2011

Banyak pakar komunikasi ataupun para aktivis sosial mengingatkan, jangan terlalu banyak meninggalkan jejak digital di dunia maya. Alasannya adalah karena jejak digital itu bisa saja digunakan tanpa ijin oleh orang ngga dikenal, untuk keperluan entah apa. Jejak digital itu bukti dari aktivitas internet yang pernah dilakukan, entah itu account di suatu situs, postingan di blog, komentar di status orang, foto yang dishare di situs jejaring sosial, dan banyak lagi.
Pernah ada cerita sebuah keluarga Amerika yang sedang liburan di negara lain, menemukan foto mereka terpampang di papan iklan di pinggir jalan… Rupanya itu foto yang pernah dipasang si bapak di situs jejaring sosialnya. Karena tidak mau membayar foto model, si pembuat iklan memilih untuk mencomot foto dari internet saja… Saya nggak tahu keluarga itu jadinya marah atau sekedar terkejut. Kalau saya sih, pasti akan kaget tapi juga tersanjung kali ya karena disetarakan dengan bintang iklan, hehe.
Ada juga cerita tentang remaja yang akhirnya dibenci orang, dan politikus yang kemudian dikecam massa, gara-gara membuat tweet yang kontroversial.
Bagi saya sih, selama kita bisa mengontrol apa yang akan kita sebarkan lewat internet, ya sudah ngga apa-apa. Bahaya yang bisa timbul akibat jejak digital, sebetulnya masih bisa diminimalisir. Tidak terlalu banyak memposting foto, dan memberi gambar air di fotonya untuk menjaga copyrights. Kalau mau nge-tweet, ya dipikir dulu sebelum mengetik.
Pada akhirnya, keuntungan yang saya dapat masih terasa lebih banyak. Blog saya yang pertama, selama 7 tahun ini telah berhasil menjadi sebuah media katarsis, memberikan banyak pelajaran, serta menambah teman. Sekarang dalam rangka menyongsong hari ulang tahun, saya mengganti blog tersebut dengan blog ini, sebagai simbol perubahan, simbol dimana saya mengakhiri suatu fase kehidupan dan memasuki fase berikutnya. Sempat terpikir untuk membuat account tumblr saja tapi entah kenapa kurang cocok, jadi ya sudah blogspot saja lagi….
Untuk pembaca baru, welcome! Untuk pembaca lama, welcome back! Biarpun dengan alamat baru, skin baru, ini tetaplah blognya Tanti. Apa perbedaannya? Yaah, nanti juga terlihat….
Anyway, selamat membaca..!

Jejak diatas salju, bukan jejak digital... Ada yang bisa menebak ini maksudnya mau membentuk apa?






You Might Also Like

7 comments

  1. Nyerah!! nyerah!! Aku ga bisa nemu blog barumu!

    ReplyDelete
  2. *ngos2an*
    abis nanya2 ke temen yang ambil psikologi juga. haduuuuuuh gw pikir AKTUALISASI (actualize). ampe kibor rusak juga ora nemu.

    Ahhh, ojyamashimasu!

    ReplyDelete
  3. Hahaha, berarti kuis kecil-kecilan ini berhasil ngasih tambahan wawasan lah ya... ^^ Menarik loh teori psikodinamisnya Jung maupun Freud..

    Yokoso...!

    ReplyDelete
  4. Ngemeng2... aku dapet link ke sini bukan karena nebak2... tapi dari link di profile kamu, Thi... :D

    ReplyDelete
  5. Sukses di percobaan pertama..!! Yayyy..!! << heboh sendiri *:p

    Jung banget deh si Tanti pake archetype.. XDD

    Hey, is that a snow angel?? *nunjuk gambar di atasnya* O.o

    ReplyDelete
  6. @Byq: Euuh... Setidaknya kamu menggambarkan kreatifitas, jalan menuju roma itu ngga cuma satu ^^

    @Kholis: As expected from KHolis.. Hehehe...
    Iya benar itu Snow angel.. Fufufu... Senangnya bisa ketebak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...