Swedish Song

November 15, 2013

Sebagai penyuka budaya pop Jepang dan Korea, otomatis playlist saya selalu didominasi oleh lagu-lagu dari kedua negara tersebut. Tapi yaa sesekali ada variasi juga. Waktu di Indo, kadang ada lagu Top40 lokal/barat yang jadi saya sukai gara-gara diputer dimana-mana, atau dinyanyikan teman waktu karaoke..

Sekarang pun biar tinggalnya di Swedia, tetap saja yang didenger lagu-lagu Arashi, OOR, IU, soundtrack anime dan drama yang baru ditonton... Tapii lagi-lagi ada variasinya. Swedia juga kan terkenal sebagai negara penghasil musik berkualitas (siapa yang nggak tahu ABBA?), jadi kalau sampai saya nggak terekspos dengan lagu yang bagus, malah aneh...

Lagu yang selama tiga bulan-an ini paling berkesan untuk saya...


 Wake Me Up - Avicii



Waktu awal-awal kedatangan di Swedia, lagu ini diputar dimana-mana, mau nggak mau jadi familiar. Saya suka karena musiknya unik, awalnya terdengar kayak lagu country tapi terus jadi ada nuansa modernnya. Setelah googling, baru tahu ini lagunya Avicii, Swedish DJ, dan ternyata lagunya juga merajai tangga lagu dunia. Nggak heran sih memang enakeun. Jadi pengen tahu apa di Indonesia juga lagu ini populer... Soalnya Aviciinya pernah konser di Indonesia ternyata. Ya ampun saya ini nggak update bener... >_<

Walaupun iramanya agak up-beat, liriknya buat saya terasa agak sedih. Tentang anak muda yang lelah setelah melakukan pencarian jati diri, terus ingin segera jadi dewasa saja. Tapi nggak tahu juga ya ini liriknya multi-interpretatif sekali. Sementara video klipnya, hmm, kalau mengabaikan product placementnya yang agak mengganggu, yah bagus sih. Somehow kakak beradik cewek di video klipnya mengingatkan saya sama Katniss dan Primrose...

Colors - Laleh


Mulai suka dengan Colors ketika lagu ini jadi background musik pertunjukan kembang api, saat penutupan Liseberg awal Oktober kemarin (kasian ya disini taman hiburannya tutup kalau musim dingin). Mungkin ada efek kondisioning klasik ya: Saya terpesona dengan kembang api yang dimainkan bersama dengan lagu Colors, terus ketika mendengar lagu Colors lagi jadi merasakan perasaan yang sama ketika melihat kembang apinya.. Ah tapi nggak juga sih lagunya memang bagus. Dan liriknya oke, menggambarkan sikap positif dan penuh harapan: Just because it's black in the dark, doesn't mean there's no colors... 

Yah baru dua itu saja sih. Baru sadar dua-duanya berbahasa Inggris, mungkin karena itu jadinya lebih gampang saya ingat ya. Ada sih satu lagu lagi berbahasa Swedia yang beberapa kali saya dengar, enakeun, belum tahu judulnya, semoga nanti ketemu.. Bahasa Swedia sendiri kan cukup melodis ya, kalau mendengar orang ngobrol biasa tuh nadanya naik turun kayak nyanyi, jadi kalau dijadiin lagu juga jadinya terdengar cantik. Dan karena musik itu universal, walaupun nggak tahu artinya juga kalau memang bagus ya bagus ya, bisa melintasi batas bahasa... ^^



You Might Also Like

2 comments

  1. Aku baru tau kalau Avicii pernah konser di Indo.. hahaha.. Tapi emang sih, lagunya enak.

    Aku juga jadi mulai suka lagu2 Swedia baru2 ini, favoritku sampai sekarang masih Loreen. Suaranya enak bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tahun 2012, itu pun saya taunya dari hasil googling hehe..

      Saya cuma tau Euphoria aja dari Loreen, bagus memang... Hmm jadi ingin tau lagu-lagu dia yang lain...

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...