Beda 1% Saja

July 21, 2013

"If I had made the opposite choice that day, would I regret it more? Just one percent more?" - Hye Sung in I Hear Your Voice, episode 14

Minggu-minggu ini masih terobsesi dengan drama I Hear Your Voice. Kalau endingnya memuaskan, akan resmi masuk top 5 all time favorite drama saya. Masih ada 4 episode sisa (harusnya 2 tapi karena popularitas yang tinggi pihak produsernya memberi tambahan 2 episode), semoga kualitas drama ini akan tetap oke hingga akhir episodenya. Sekarang ini OTP di drama tersebut (Hye Sung dan adorable Soo Ha ~) sudah saling lovey-dovey, banyak fanservice adegan-adegan sweet antara keduanya, tapi jadinya saya malah khawatir apakah nanti mereka akan ditimpa masalah besar lagi.. Nggak mau dapet bittersweet ending!!

Tadinya tidak akan menulis soal drama ini lagi sebelum selesai, tapi setelah nonton episode 14 ada obrolan yg menarik sekali antara Lawyer Cha (diduga second male lead, sesama pengacara rekan kerja Hye Sung) dan Hye Sung, sehingga saya ingin membahasnya...

Ceritanya, Hye Sung mengconfront Lawyer Cha, yang baru saja menolak tawaran untuk kerja di firma hukum besar agar bisa bekerja kembali sebagai pengacara publik. Hye Sung bertanya, apa Lawyer Cha tidak menyesal melepaskan kesempatan besar itu? Lawyer Cha menjawab, menyesal sih, tapi dia akan lebih menyesal lagi kalau tidak mengambil kesempatan jadi pengacara publik. Beda penyesalannya mungkin cuma 1%, tapi itu matter.

Ini membuat Hye Sung merenungkan pernyataan itu terhadap dirinya sendiri. Dia selalu menyesali keputusannya untuk bersaksi terhadap Min Jun Guk, karena menyebabkan banyak implikasi nggak mengenakkan (her Mom..!!). Tapi, dia jadi berpikir, seandainya dulu dia memilih untuk tidak bersaksi (seperti yang dilakukan frienemynya, Do Yoeon, yang sama-sama menyaksikan kejadian pembunuhannya), jangan-jangan dia akan lebih menyesal? Do Yoeon sendiri sampai saat ini ternyata selalu menyesal karena tidak jadi bersaksi, dan berusaha memperbaiki dirinya sejak itu...


Buat saya percakapan itu cukup enlightening. Setiap pilihan memiliki konsekuensi tersendiri, dan bisa saja kedua pilihan yang ada sama-sama akan membuat kita menyesal.. Jadi pilihlah yang memberikan less regret, biarpun bedanya cuma 1%. Nah pertanyaannya, bagaimana kita bisa menentukan dimana perbedaan 1% itu?

Menurut saya, beda 1% itu didapat dari pilihan mana yang lebih memfasilitasi idealisme kita. Bagi Lawyer Cha, menjadi public defender adalah impian dia, karena itu dia less regretful untuk melepas kesempatan kerja di firma hukum besar. Pun bagi Hye Sung, bersaksi di pengadilan lebih sesuai dengan idealisme dia untuk showing the truth dan membela yang benar. Jika dia lari, penyesalan dia mungkin akan lebih besar, karena dia mengambil sikap yang bertentangan dengan idealismenya sendiri...

Kesimpulan itu juga saya dapat setelah merefleksikan dengan diri sendiri. Selama hampir seperempat abad saya hidup (ya ampun sudah setua itu...), banyak pilihan yang sudah saya buat. Ada beberapa pilihan yang ternyata tidak memberikan hasil maksimal, atau malah menimbulkan banyak tantangan dan cobaan... Tapi ketika pilihan tersebut sesuai dengan idealisme saya, rasanya masih lebih baik daripada pilihan lainnya.

Misalnya, tahun 2011 lalu saya memutuskan untuk turun lomba debat se-Asia di Macau, kebetulan ada kesempatan dan dana yang memadai. Karena kurangnya persiapan dan faktor lainnya, tim saya berkali-kali kalah di babak preliminasi sehingga akhirnya tidak berhasil masuk ke putaran eliminasi. Sedih, malu, dan luar biasa kecewa. Hingga sekarang kadang saya menyesali kenapa nekat untuk turun lomba tersebut. Tapi setelah dipikir lagi, kalau saya memutuskan tidak turun, mungkin sekarang saya pun akan lebih menyesal karena tidak berani mengambil kesempatan untuk ikut event lomba sebesar itu. Pada akhirnya, saya lebih memilih gagal setelah mencoba daripada tidak pernah mencoba sama sekali (walaupun pastinya sukses setelah mencoba itu jauh lebih baik ya). Plus, itu lomba debat yang sangat sangat saya sukai -despite the pressure and everything-. That is why, I got 1% less regret.

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...