Recently Watched....

March 27, 2013

Akhir-akhir ini banyak yang masuk ke blog ini karena kata kunci Chihayafuru, masuk ke tulisan yang ini. Usut punya usut, ternyata Chihayafuru season 2 sekarang sedang tayang! Lagi-lagi telat tahunya. Tapi karena masih on going (atau sekarang sudah tamat yah), nanti saja deh nontonnya. Soalnya kalau nonton on going series itu lumayan menderita... ^^ Biarpun sudah kangen dengan Chihaya dan kawan-kawan, bersabar dulu deh...

Sebetulnya sekarang sedang galau berat karena menunggu kabar dari jauh, kabar yang sangat menentukan masa depan.... Nah untuk menghilangkan kegalauan, mau me-list serial yang baru-baru ini ditonton saja deh....

ANM#01: Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

gambar dari sini

Berkisah tentang Togashi Yuta, cowok yang bertekad untuk memulai kehidupan baru ketika masuk SMA, setelah selama SMP dia terkena sindrom "Chuunibyou", atau "adolescence delusion", semacam sindrom yang yang membuat dia merasa sebagai orang spesial dan bukan manusia biasa, dalam kasusnya dia merasa sebagai seorang "Dark Flame Master". Intinya semacam imajinasi yang terlalu liar, membuat dia pakai baju khas tokoh anime dan suka ngomong sendiri. Gara-gara itu waktu SMP dia tidak punya teman.
Lepas dari tekadnya, Yuta malah mendapati bahwa teman sekelas sekaligus tetangga baru di apartemennya sebagai pengidap sindrom "Chuunibyou" juga... Teman baru ceweknya yang bernama Takanashi Rikka ini percaya bahwa dia pemilik "Devil Eye" yang mencoba mencari "Eternal Horizon"... Somehow Yuta jadi semacam penjaga si cewek ini.
Di SMAnya, Yuta juga bertemu teman-teman baru, yang ternyata tidak se"Normal" yang dia harapkan....

Anime yg terdiri dari 12 episode ini ringan tapi cukup seru untuk ditonton. Banyak adegan lucunya, banyak juga adegan sweetnya. Di bagian-bagian akhir perkembangan ceritanya lumayan bagus, alasan delusi si Rikka ternyata cukup dalam dan mengharukan. Mungkin karena ini anime moe, banyak cerita khas seperti bunkasai atau libur musim panas, tapi yah nggak jadi klise-klise amat. Bagian yang juga bikin nyengir adalah kalau si Rikka sudah memulai delusinya, jadi ada efek-efek khas anime action-fantasy di serial ini, padahal ini kan slice of life ya genrenya. Lucu aja jadinya. Over all, 3,5 dari 5 bintang!

ANM#02: Persona 4: The Animation

gambar dari sini

Diangkat dari RPG PS 2, anime sejumlah 26 episode ini memiliki jalan cerita persis sama seperti gamenya (tahu karena nonton anime ini setelah melihat Otouto menamatkan gamenya). Berkisah mengenai Yu Narukami (kalau di gamenya dia nameless bisa diberi nama sesukanya) yang mesti pindah ke sebuah kota kecil di Jepang, Inaba, selama setahun. Di kota itu ia tinggal bersama pamannya yang seorang detektif, beserta keponakannya. Tepat setelah dia pindah, muncul pembunuhan misterius di kota kecil tempat dia tinggal.
Bersama teman-teman barunya, Yosuke dan Chie, Yu entah kenapa jadi memiliki kekuatan untuk masuk ke "dunia televisi" (dunia yang dimasuki lewat layar tv), yang ternyata sedikit banyak berhubungan dengan pembunuhan misterius yang telah terjadi. Ternyata, korban dari pembunuhan di kota itu pernah masuk juga ke dunia televisi, dan mereka terbunuh oleh "Shadow" mereka sendiri, yaitu sisi gelap seseorang yang tidak terkendali. Tapi, memang ada orang yang sengaja memasukkan para korban ke dalam televisi tersebut.
Yu dkk yang mendapat kekuatan "Persona", semacam avatar yang bisa membantu mereka melawan para "Shadow", berusaha untuk menyelidiki misteri siapakah pelaku yang mendalangi kasus di kota tersebut....

Anime ini sangat psikologis sekali. Judulnya saja Persona, istilah dalam psikoanalisis yang berarti wajah dari seseorang. Jadi, orang-orang yang masuk ke dunia televisi semuanya akan berhadapan dengan "Shadow"nya, yaitu sisi diri terdalam yang  tidak mereka sadari, atau mereka sembunyikan. Dalam psikoanalisa, mungkin maksudnya adalah "ID", sisi diri yang mengutamakan survival diri. Yosuke misalnya, ketika pertama kali masuk ke dunia televisi, harus berhadapan dengan shadownya yang menyatakan bahwa Yosuke bertingkah bodoh untuk menutupi perasaan insecurenya, yang takut tidak mendapat teman. Tokoh lain ada yang Shadownya lebih ekstrim, penampilannya berandal macho tapi ternyata Shadownya adalah laki-laki yang melambai.... Pada akhirnya, para protagonis di anime ini -setelah bertarung- mau tidak mau mengakui keberadaan Shadow mereka.. Setelah mengakui, shadow mereka justru berubah menjadi "Persona". Kalau dalam psikoanalisis, ini seperti Ego yang mengendalikan ID. Keren...!

Selain aspek psikologisnya, anime ini memiliki plot yang cukup bikin penasaran. Banyak adegan-adegan lucu juga yang dialami Yu dkk, seru lah. Kalau bicara kekurangan, palingan kepribadian si Yu-nya kurang digali.. Dia malah nggak ada shadownya, langsung punya banyak persona.... Overall, 4 dari 5 bintang...!

DRM#02: Osozaki no Himawari


gambar dari sini

Masih belum selesai nonton drama ini, tapi sekalian saja direview. Drama tahun 2012 ini berkisah tentang Kodaira Jotaro, seorang pemuda Tokyo yang pindah ke Shimanto, sebuah desa di pelosok Jepang, untuk bekerja sebagai tim revitalisasi daerah tersebut. Dia mengambil pekerjaan itu karena di Tokyo sendiri dia merasa kehilangan arah tujuan, sulit mencari pekerjaan dan diputus pacar. Di Shimanto, dia bertemu dengan beberapa orang seusianya, yang memiliki latar belakang dan masalah masing-masing. Misalnya Nikaido Kahori, gadis Shimanto yang telah sukses menjadi dokter, ingin meneruskan riset di Tokyo namun disuruh profesornya untuk kembali ke kampung halamannya dan praktek sebagai dokter disana. Ada juga Junichi Fuji, pemuda asli Shimanto yang tidak pernah keluar dari kota tempatnya tinggal, dan galau karena toko milik keluarganya terancam gulung tikar. Selain itu ada beberapa tokoh lain yang menambah warna kehidupan Jotaro...

Dorama ini heartwarming... Tipikal dorama yang tokoh utamanya pergi ke desa dan menemukan banyak pelajaran hidup. Suka..! Entah kenapa doramanya terasa seperti iklan untuk daerah Shimantonya... ^^; 4 dari 5 bintang...!

You Might Also Like

2 comments

  1. Hei Tanti, giliran aku main ke blog kamu :D
    Aku lagi pingin nonton anime, tapi yang lucu, yang gak terlalu banyak adegan so sweetnya gitu hahaha.. Kamu tau gak kira2 anime apa yang recommended?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei Nyanya, makasih kunjungan baliknya :)
      Hmm apa ya, kebanyakan anime yg baru ditonton banyak adegan sweetnya sih ^^;
      Mungkin bisa mencoba "Working!", tentang sekumpulan anak SMA yg kerja part time.. Walaupun ada yang naksir-naksiran, tapi lumayan lebih fokus sama komedinya...
      Ada juga K-On, anime agak lama tentang musik yang kabarnya bagus, lucu dan minim romance, tapi saya malah belum nonton... ^^

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...