Campus Fest

November 22, 2012

Kampus saya sering sekali mengadakan berbagai macam event. Berhubung sebentar lagi lulus, saya jadi merasa nostalgic dan ingin datang ke event-event itu. Nanti kalau sudah lulus, entah kapan bisa ikut lagi, kan..? Beruntung, bulan November ini ada dua event yang menarik perhatian saya: Gamafest dan Mangafest. Kebetulan yah namanya sama-sama diakhiri kata fest. Sudah gitu, diadakannya di tempat yang sama pula, di Gedung Purna Budaya. Cuma tanggalnya berbeda, lebih dulu Gamafest (hari Minggu tanggal 11), sementara Mangafest diadakan minggu berikutnya, tanggal 17-18. How was the event?

1. Gamafest 2012

Ini acara tahunan di kampus yang dikoordinatori Kantor Urusan Internasional (KUI) ugm, semacam festival internasional yang diikuti pelajar-pelajar asing di Jogja. Jadi mereka buka stand dan jual makanan khas negara asalnya, dengan harga amat terjangkau: Paling mahal 5 ribu, paling murah.. Gratis. Selain itu di tengah ruangan ada panggung, diisi dengan berbagai macam performance dari para pelajar asing juga.

Tahun lalu sempat datang juga ke acara ini, tapi karena datangnya terlambat makanan di stand-stand-nya sudah banyak yang habis. Belajar dari pengalaman itu, di Gamafest tahun ini saya dan teman datang kesana satu jam setelah acaranya resmi dimulai. Strategi yang terbukti tepat, karena makanan di tiap stand-nya masih banyak. Bahkan ada satu-dua stand yang belum buka -_-. Tempatnya juga belum begitu penuh, jadi masih bisa leluasa jalan kesana-kemari.


Makanan yang dicoba disana cukup banyak: Tom yam Thailand (diberi gratis oleh anak-anak di stand-nya yang ramah dan ceria), Dimsum Cina (Saya ngasi kecap asin kebanyakan), masakan entah apa dari Bangladesh, Pie labu dan minuman apel apa gitu dari US, Nasi goreng kimchi (betul-betul cuma nasi dan kimchi..) dan sapi bulat dari Korea, sup ayam paprika dari Serbia (enak banget padahal gratis), agar-agar Laos, kue Madagaskar (agak aneh rasanya kayak bala-bala yang ga ada isinya), salad dari Spanyol (mengejutkan ada bawang merah segar jadi ngga saya makan), teh hijau dari Jepang (sebetulnya mereka jual gyudon sapi tapi udah kenyang banget), kue dari Australia (enak banget, bentuknya kayak kue sus mini dikasih whipped cream & buah, eh ternyata si kue sus mininya itu semacam toffee).. Sama satu-dua lagi yang saya lupa. Apa kabar diet sayaa..? Hahaha. Itu makanannya saya makan berdua kok, ceritanya sebagai makan siang. Karena antrian yang penuh dan perut yang kekenyangan, akhirnya saya ngga sempat nyoba beberapa makanan lain seperti Crepes dari Perancis dan Wafel dari Norwegia. Hiks. Daan saking semangat makan jadi tidak sempat memotret makanan-makanannya. Heuh. -_-

Menghadiri festival internasional ini, jadi teringat Cultural Day yang diadakan di Boras dua tahun lalu... Waktu itu saya dan teman-teman Indo lain yang jadi mahasiswa internasionalnya, jadi kami ribet membuat stand dan menyajikan makanan. Ngga tanggung-tanggung, yang kami buat adalah nasi tumpeng berikut lauk-pauknya. Karena dikasih dana oleh univ, makanannya pun dibagikan gratis. Dan ludess (namanya juga gratis ^^).

2. Mangafest 2012
  
Acara ini diadakan anak-anak Sastra Jepang. Sesuai namanya, acara besarnya adalah pameran hasil dari lomba membuat manga. Selain itu ada Comiket (comic market, dimana pesertanya bisa menjual doujin atau komik hasil karya mereka), talkshow tentang manga & anime, lomba karaoke, lomba band, dan performance lainnya.

Karena kebetulan bentrok dengan acara lain, saya cuma sempat mampir ke Mangafestnya di hari terakhir, malam-malam habis magrib, pas hujan deras. Hampir membatalkan tapi karena penasaran jadi lah saya tetap kesana. Sayangnya banyak stand pameran dan comiket yang sudah tutup... Di area comiket, tinggal ada beberapa meja yang buka. Ada yang jual fanart dari beberapa anime, ada juga yang jual light novel orisinil.

Performancenya juga sudah hampir habis. Waktu saya datang cuma sempat menyaksikan satu grup yang mengcover dance boyband Korea (padahal ini kan Jejepangan..? Triknya adalah lagu yang dipakai ternyata lagu versi bahasa Jepangnya. Okee...) dan Suzume Odori, tari tradisional dari Jepang. Jadi ingat Sendai! 


Pameran manga-nya sendiri, keren...! Sepertinya tema lomba komiknya adalah tempat pariwisata atau budaya Indonesia, jadi ceritanya kebanyakan mempromosikan spot-spot pariwisata. Gambarnya bagus-bagus, ada yang manga sekali, ada yang agak realis, ada yang sepertinya sudah punya gaya sendiri, yang jelas semuanya enak dibaca dan dilihat...! Cerita komiknya macam-macam. Ada yang agak klise, ada pula yang menarik dan tidak biasa. Jadi lumayan optimis nih mengenai masa depan komik Indonesia..!

You Might Also Like

5 comments

  1. Aaaah...dua event ini udah aku catet sampe donlot posternya, tapi ngga keikut semua T_T

    *mojok*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sayang banget Ima... Padahal menarik.. Kenapa ga bisa ikut?
      Semoga tahun depan bisa dateng lagi ya, siapa tahu pas acaranya diadain kamu lagi mengunjungi Jogja.. ;)

      Delete
    2. hihi, karena weekend, pas pulang~
      mana Gamafestnya mulainya baru siang pula :D

      Delete
  2. Hayy
    Maaf OOT. Kamu menang giveaway Tell Me Your Wish dan dapet novel Jakarta!
    Cek blog reading in the morning lalu ikuti instruksi untuk pemenangnya ya. Ditunggu lho! ehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngga apa-apa Nana.. Makasih pemberitahuannya.
      Instruksi sudah dilaksanakan..! :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca..!! :)
Silakan tinggalkan komentar disini ya...